Sistem Penamaan Orang Korea

share

Hay, Teman-teman! di artikel kali ini aku akan membahas mengenai sistem penamaan yang ada di Korea, nah terkhusus di Korea selatan.
Karena seiring dengan merebaknya Korean pop di Indonesia, semakin mudah juga budaya-budaya Korea yang masuk ke Indonesia. Nah sekarang nih apa-apa itu embel-embelnya Korea kan? Korea hairstyle lah, Korean food, Korean clothes, dan masih banyak lagi korea-korea lainnya.

Kita boleh tahu mengenai budaya-budaya yang ada di bangsa lain, tetapi juga jangan lupa kita belajar tentang budaya-budaya yang ada di negara kita sendiri, negara Indonesia. Kke bukan mau ceramah nih.

Kita balik lagi ke topik awal, nah buat kalian semua, mau kalian cewek atau cowok dari usia yang masih kecil, anak SD mungkin hingga ke yang sudah bekerja, pasti juga tidak bisa menghindarkan dari budaya-budaya Korea yang masuk ke Indonesia. Sebagai contoh sebagaian cewek pasti pernah yang namanya mendengarkan lagu-lagu dari Korea, menikmati drama-drama dari Korea.

Buat yang cowok mengenal orang-orang Korea,  bisa dari atlet olahraga-olahraganya dan sebagai dan tempat untuk menjadi kiblat gaya kekinian anak muda.

2. G1-Sistem Penamaan Orang Korea

Nah, pasti ketika kita menikmati apa yang ada disuguhkan dari Korea, kita juga mau tidak mau harus mengerti dan mendengar nama-nama Korea.

Mungkin buat cewek-cewek tidak asing dengan yang namanya Kim Namjoon, Kim Seokjin, Min Yoongi dan lain sebagainya. Buat army-army garis keras nih pasti tahu betul siapa orang yang aku sebutkan tadi ya dia adalah member dari grup idol Korea yaitu BTS.

Nah buat yang cowok-cowok batu juga tidak asing dengan yang namanya Park Ji-Sung, Houng Sou Min, dan lain sebagainya. Mereka adalah pemain sepak bola dari Korea Selatan yang bermain di Eropa.

Teman-teman kan sudah familiar  dengan yang namanya orang nama-nama orang Korea, yang rata-rata hanya ada tiga kata dan perkatanya tidak lebih dari empat suku kata. Bahkan hanya dengan satu suku kata dan beberapa huruf saja yang paling sedikit dua huruf dan yang lumrah ditemui empat sampai lima huruf.
Nah, kira-kira teman-teman penasaran tidak bagaimana sejarah dan sistem penamaan nama-nama orang Korea tersebut. Apakah nama-nama orang Korea tersebut begitu saja atau menerima budaya dari negara lain atau bagaimana? karena tentunya sebuah sistem juga dilatarbelakangi dengan berbagai masalah kehidupan yang ada.

Okey, aku melakukan beberapa riset kecil-kecilan membaca artikel dan lain sebagainya untuk menemukan alasan bagaimana sistem penamaan orang-orang Korea tersebut dan aku rangkum dalam beberapa poin.

Sistem penamaan orang Korea yang pertama didasarkan pada marga 

Korea sendiri tidak muncul begitu saja, melainkan ada hal-hal yang berkaitan dengan sistem kasta pada masyarakat Korea zaman dahulu. Oke kita bercerita sedikit mulanya di era sebelum tahun 1900 pada zaman dinasti Goryeo membuat peraturan apa itu peraturannya yaitu pemberian nama marga pada para bangsawan hal tersebut ditujukan agar mereka mudah mengetahui mana yang keturunan raja ataupun yang bukan keturunan raja untuk nama-nama yang bermarga dari kerajaan seperti Kim, Lee dan Park kemudian saat itu rakyat biasa yang tak memiliki hubungan dengan kerajaan juga boleh menggunakan marga tetapi di luar tiga marga Kim, Lee dan Park namun dengan syarat khusus syaratnya adalah mengikuti seleksi,jika disini namanya seperti ujian pegawai negeri sipil begitu, untuk meningkatkan derajat keluarga. Singkatnya sistem kasta kemudian dihapuskan pada abad ke-19 pada saat dinasti Joseon di abad ke-20 semua penduduk Korea memiliki marga identitas nama keluarga pada saat dikeluarkannya kebebasan memilih marga. Banyak yang menggunakan marga Kim sebagai pilihannya marga Kim Lee dan Park banyak digunakan negara Korea Selatan. Fakta uniknya nama-nama marga ditaruh pada bagian depan penamaan seseorang,  sehingga penyebutan nama marga dulu baru diikuti dengan nama panggilan misalnya personil idol tadi yang bernama Kim Seok jin maka namanya adalah Kim Seokjin, namun pada saat pengisian formulir catatan sipil internasional nama marga tersebut akan diubah menjadi di belakang jadi namanya adalah Sook Jin Kim.

 

 

 

 

 

 

Mungkin buat temen-temen yang cowok yang suka dengan game sepak bola gak asing namanya park ji sung namun di game bola disebut jisung Park nah itu adalah salah satu contoh penamaan marga yang diubah ke belakang untuk urusan imigrasi internasional.

Oke untuk selanjutnya aku akan kenalkan beberapa marga yang terpopuler dari Korea Selatan yang pertama ada marga Kim kim adalah marga yang paling banyak diminati oleh warga Korea diperkirakan hingga saat ini sekitar 10 juta orang memakai marga di Korea marga ini di Korea nah artinya sendiri adalah emas tokoh-tokoh dengan marga ini adalah tadi Kim Seokjin, Kim ji-won  dan masih banyak lagi.

Kemudian marga lee yang dibaca i dengan penggunaan sekitar 7 juta orang hingga saat ini nama tersebut bisa diartikan sebagai keuntungan.

Kemudian marga park digunakan sekitar 4 juta orang Korea artinya sendiri adalah bersinar.

Nah selanjutnya perempuan Korea biasanya akan mempertahankan nama asli mereka ketika sudah menikah dan mempunyai anak karena menyadari betapa pentingnya identitas keluarga sendiri perempuan Korea biasanya akan tetap menggunakan nama asli mereka saat sudah menikah alasannya agar tetap bisa mendapatkan lisensi dari orangtua atau nenek moyang.

Jadi sistem penamaannya setelah setiap orang memiliki marga nama selanjutnya adalah nama pemberian dari orang tua yang biasanya diikuti dengan satu kata atau dua kata atau lumrahnya ditemui tiga kata dalam setiap namanya.

Jadi konon pembelian nama tengah dan nama akhir orang tua itu tidak boleh asal, oh ya di negara manapun tetap nggak boleh asal sih.

Mereka sudah mempunyai rumus atau racikan penamaannya masing-masing yang pasti didasari dengan aksen dan penyebutan lafal-lafal Korea pada ada yang memiliki arti yang belum tentu warga negara asing ketahui.

Jadi itu tadi teman-teman beberapa alasan mengenai sistem penamaan yang ada di Korea Selatan bila teman-teman memiliki informasi yang lebih banyak daripada kami bisa tolong di berikan tambahan di kolom komentar ya.

Kita jadikan situs ini sebagai wadah untuk diskusi.

 

Tulisan ini merangkum dari sumber-sumber yang terdapat di google scholar

Baca artikel menarik yang membahas pengetahuan umum lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

ARTIKEL TERBARU

SEMUA KATEGORI