1. F1-Perang Dingin: Latar Belakang, Berjalanannya Materi sejarah Kelas 12

Perang Dingin: Pengertian, Latar belakang, Jalannya perang

share

Pengertian Perang Dingin

Perang dingin singkatnya adalah perang pengaruh dan persaingan hegemoni antara dua ideologi antara komunis dan liberal. Pengertian dari perang dingin secara umum yaitu perang dingin atau perang tanpa senjata, namun akhirnya perang dingin yang tanpa senjata itu menghasilkan perang dengan senjata dan kekerasan. Hal itu disebut dengan istilah proxy war. Istilah perang dingin pertama kali dimunculkan oleh Bernard Baruch seorang politisi Amerika Serikat dalam pidatonya pada tahun 1947. Dia menilai hubungan Amerika Serikat dan Uni Soviet saat itu seperti konflik, namun tidak dihadapkan ke publik. Ditambah lagi dengan diterbitkannya buku The Cold War pada tahun 1947 oleh wartawan Amerika serikat. Buku tersebut menggambarkan bagaimana hubungan Amerika Serikat dan Uni Soviet pasca perang dunia ke-2. Menurut Robert McNamara, konflik Perang Dingin ini karena AS telah melakukan salah persepsi (misperception) tentang ideologi komunis yang menekankan “class struggle”. Pertama, doktrin “Socialism in One Country”, yang oleh pihak Barat diartikan bahwa Uni Soviet menghendaki sebagai satu-satunya negara sosialis yang menguasai dunia. Doktrin ini tampak pada sikap keras Stalin, Lenin, dan Kruschev. Kecurigaan itu makin besar dengan meluasnya pengaruh komunismepada sejumlah Negara Dunia Ketiga yang kemudian banyak beralih menjadi Negara komunis.

 

Latar Belakang Terjadinya Perang Dingin

  1. Berakhirnya perang dunia ke-2.
  2. Terpecahnya negara kecil menjadi dua wilayah kekuasaan dan ideologi seperti Korea dibagi menjadi Korea Utara dengan komunis dan Korea Selatan dengan liberal, Vietnam Utara dengan komunis dan Vietnam Selatan dengan ideologi liberalnya.
  3. Persaingan ideologi komunis dan liberal.
  4. Munculnya Uni Soviet dan Amerika Serikat sebagai negara adidaya (Uni Soviet induk dari negara-negara komunis dan Amerika serikat induk dari negara-negara liberal atau kapitalis).
  5. Terbentuknya blok timur dan blok barat.

 

Persaingan atau Hegemoni Blok Timur dengan Blok Barat Bidang Ekonomi pada Perang Dingin

Dari Blok Barat

1. Di bidang ekonomi pasca perang dunia ke-2 memberikan bantuan marshall plant kepada negara Eropa Barat yang hancur seperti untuk Belanda, Jerman barat, Portugis, Spanyol, dan lain-lain.

2. Truman Doctrine oleh Amerika Serikat pasca perang dunia ke-2 untuk Yunani dan Turki. Kedua negara tersebut hampir saja menjadi negara komunis, namun mampu ditutup peluang masuknya komunis dengan diberinya bantuan oleh Presiden Harry Truman pada Yunani dan Turki sehingga mereka lebih berpihak ke blok liberal.

3. Mutual Security Act (MSA) adalah suatu bantuan keamanan untuk negara-negara yang baru merdeka. salah satu negara yang menerima MSA adalah Indonesia.

4. Colombo Plan bantuan ekonomi untuk negara-negara di Asia Pasifik.

Dari Blok Timur

Molotovplan adalah sistem yang diciptakan oleh Uni Soviet pada 1947 dalam rangka memberikan bantuan kepada pembangunan ulang negara-negara di Eropa Timur yang secara politik dan ekonomi bersekutu dengan Uni Soviet. Rencana tersebut awalnya disebut “Rencana Saudara” di Uni Soviet.

 

Persaingan atau Hegemoni Blok Timur dengan Blok Barat Bidang Militer pada Perang Dingin

Dari Blok Barat

1. Membentuk (North Atlantic Treaty Organization) NATO pada tanggal 4 April 1949. Dalam Bahasa Indonesia disebut Organisasi Pertahanan Atlantik Utara, adalah sebuah organisasi aliansi militer antar banyak negara yang terdiri dari 2 negara di Amerika Utara, 27 negara Eropa, dan 1 negara Eurasia yang bertujuan untuk keamanan Bersama.

2. Membentuk (Southeast Asia Treaty Organization) SEATO pada pada tanggal 8 September 1954.  SEATO dibentuk untuk mencegah masuknya paham komunisme terutama lewat agresi militer seperti yang terjadi di Korea dan Indochina (Semenanjung Asia Tenggara).

3. Membentuk CENTO atau METO pada 29 Februari 1955.  Suatu organisasi pakta pertahanan beberapa negara di asia barat yang bermarkas di Istanbul.

Dari Blok Timur

Membentuk Pakta Warsaw pada tanggal 19 Mei 1955. Pakta Warsawa adalah sebuah aliansi militer negara-negara Blok Timur di Eropa Timur, yang ada tujuan mengorganisasikan diri terhadap probabilitas ancaman dari aliansi NATO.

 

Persaingan atau Hegemoni Blok Timur dengan Blok Barat Bidang Spionase pada Perang Dingin

Dari Amerika Serikat

Membentuk Office of Strategic Services (OSS) mpada Juni 1942 sebagai dinas intelijen Amerika Serikat ayng dibuat pasca Perang Dunia ke-2 sebagai pendahulu CIA.

Dari Uni Soviet

Membentuk Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti (KGB) pada tanggal 13 Maret 1954. KGB adalah badan pemerintah utama dari “yurisdiksi serikat-republik”, yang menjalankan fungsi keamanan internal, intelijen dan polisi rahasia.

 

Persaingan atau Hegemoni Blok Timur dengan Blok Barat Bidang Antariksa pasca Perang Dingin

Dari Amerika Serikat

Amerika serikat memulai misi Apollo, yang paling terkenal Apollo 11. Apollo 11 adalah misi luar angkasa Amerika Serikat yang mendaratkan manusia pertama di Bulan. Komandan Neil Armstrong dan pilot modul lunar Buzz Aldrin yang mendaratkan Modul Lunar Apollo Eagle pada tanggal 20 Juli 1969 pukul 20.17 UTC. Misi Apollo lainnya dilanjutkan hingga Apollo ke-17 sampai tahun 1972.

Dari Uni Soviet

1. Sputnik 1 adalah satelit buatan pertama yang diluncurkan oleh seluruh manusia pada 4 Oktober 1957 di Kosmodrom Baykonur, Kazakhstan. Sputnik 1 adalah satelit tanpa awak pertamanya ke luar angkasa.

2. Sputnik 2 adalah satelit pertama yang meluncur dengan awak didalamnya. Awaknya adalah seekor anjing bernama Laika. Satelit yang membawa seekor anjing yang merupakan makhluk bumi pertama yang dikirim ke luar angkasa. Namun Leica kembali dalam keadaan terbakar.

1. Gambar 1. Leika - Perang Dingin: Pengertian, Latar belakang, Jalannya perang
Laika si anjing luar angkasa pertama yang berhasil mengorbit Bumi

Gambar 1. Anjing Leika

3. Vostok 1 (Rusia: осток-1, East 1 atau Orient 1) adalah misi luar angkasa berawak pertama dalam program Vostok dan misi luar angkasa berawak pertama dalam sejarah. Pesawat ruang angkasa Vostok 3KA diluncurkan pada 12 April 1961. Penerbangan itu membawa Yuri Gagarin, seorang kosmonot Soviet, ke luar angkasa. Misi ini menandai pertama kalinya manusia terbang ke luar angkasa, serta penerbangan orbit pertama dari pesawat ruang angkasa berawak.

 

Persaingan atau Hegemoni Blok Timur dengan Blok Barat Bidang Persenjataan

Terjadi persaingan nuklir antara Blok Timur dan Blok Barat, nantinya semakin banyak produksi nuklir dan peluru kendali yang dibuat oleh Blok Timur maupun Blok Barat. Tetapi kedua belah pihak paham jika sewaktu-waktu terjadi perang maka akan terjadi perang nuklir yang berdampak buruk pada negara-negara yang ada di bumi, termasuk bumi sendiri. Saat ini kedua belah pihak sepakat untuk mengurangi jumlah nuklir yang ada dalam Perjanjian Strategic Arm Limitation Talks 1 yang ditandatangani pada tanggal 26 Mei 1972. Dilanjutkan Strategic Arm Limitation Talks 2 yang ditandatangani pada tanggal 18 Juni 1979. Dsiamping membatasi jumlah nuklir yang ada kedua belah pihak juga sepakat dalam perjanjian Start Strategi Reduction treaty yang ditandai ditandatangani pada tanggal 31 Juli 1991.

 

Proxy War

Seperti yang disinggung di atas yang mana perang dingin adalah perang tanpa senjata namun menghasilkan perang bersenjata. bukan hanya antara Uni Soviet dengan Amerika Serikat tetapi antara negara-negara pengikut ideologi mereka, perang itu disebut Proxy War. Proxy War adalah konflik di mana pihak ketiga campur tangan secara tidak langsung dalam perang yang sudah ada sebelumnya, untuk mempengaruhi hasil strategis yang mendukung faksi pilihannya. Proxy War adalah produk dari hubungan antara pihak yang berkepentingan di negara atau non-negara di luar dinamika konflik yang ada (misalnya perang saudara). Singkatnya, Proxy War adalah pihak yang berkepentingan di negara dan non-negara yang berusaha untuk memajukan tujuan strategis mereka sendiri, namun pada saat yang sama menghindari keterlibatan langsung pada perang. Tanggapan semacam itu didasarkan pada persepsi risiko intrinsik, khususnya bahwa intervensi langsung dalam konflik akan menjadi tidak dapat dibenarkan, terlalu mahal (baik secara politik, finansial, atau material), dapat dihindari, tidak sah, atau tidak layak. Berikut contoh-contoh Proxy War yang pernah terjadi.

  1. Perang korea

Dimulai pada tanggal 25 juni 1990 berakhir pada tanggal 27 juli 1953. Perang Korea mulanya ketika pasukan Korea Utara yang dipimpin oleh Kim Il Sun melewati batas kedua negara yang dikenal dengan nama garis 38 derajat di desa Tanjung. Korea Utara lah yang menyerang terlbih dahulu ke selatan. Akhir dari perang ini adalah perjanjian gencatan senjata yang ditandatangani pada tanggal 27 Juli 1953. Isi perjanjian tersebut adalah  batas negara dikembalikan ke garis 38 derajat. Dapat disimpulkan sampai saat ini kedua belah pihak yaitu Korea Utara dan Korea Selatan masih berada dalam keadaan berperang namun kondisinya gencatan senjata, perang bisa terjadi kapan saja.

  1. Perang Vietnam

Perang yang berlangsung dari tanggal 1 November 1955 hingga 30 April 1975 dibagi menjadi periode pertama dan periode kedua. Perang berawal ketika Vietnam Utara yang dipimpin oleh Ho Chi Minh menyerang Vietnam Selatan. Pada akhirnya kemenangan bisa diraih oleh Vietnam Utara, sehingga Vietnam menjadi negara komunis hingga saat ini. Namun, Vietnam bukanlah negara komunis yang tertutup seperti Korea Utara.

  1. Konflik Kamboja

Konflik Kamboja terjadi pada tahun 1955 sampai tahun 1979. Konflik Kamboja juga dibagi menjadi dua tahapan. konflik Kamboja dengan pihak liberal dan konflik Kamboja dengan Vietnam sesama negara komunis. Konflik Kamboja dengan pihak liberal dimulai ketika Raja Kamboja pada saat itu, Norodom Sihanouk membantu pihak komunis Vietnam Jenderal Ho Chi Minh, yang berperang melawan pihak Vietnam liberal yang dibantu oleh Amerika Serikat. Sehingga, Amerika bersama seorang jenderal Kamboja yang pro dengan liberal melakukan kudeta terhadap Raja Norodom. Jenderal tersebut bernama jenderal Lon Nol.

  1. Konflik Kuba

konflik kuba berlangsung pada 14-28 oktober 1962 ketika uni Soviet dan negara-negara komunis memasang instalasi nuklir rudal kendali atau peluru kendali di Teluk Babi. Sehingga, Amerika merasa terancam dan menginvasi teluk babi. Hasil dari konflik tersebut kuba berhasil memenangkan konflik, sehingga Kuba menjadi negara komunis yang terletak dekat sekali dengan Amerika serikat yang menjadi pusat negara-negara liberal.

 

Tulisan ini merangkum dari buku dan sumber terpercaya yang terdapat di google

Baca artikel menarik yang membahas materi  Sejarah lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

ARTIKEL TERBARU

SEMUA KATEGORI