1. FI-Mengenal Rasul-Rasul Allah: Materi SD kelas 5

Mengenal Rasul-Rasul Allah: Materi PAI Kelas 5

share

Mengenal Rasul-Rasul Allah

Mengenal rasul adalah kewajiban bagi setiap muslim untuk dapat mengamalkan Islam secara sempurna. Tanpa rasul maka kita tidak dapat melaksanakan Islam dengan baik. Kehadiran rasul memberikan panduan dan bimbingan kepada kita bagaimana cara mengamalkan Islam. Dengan demikian, mengenal rasul merupakan keperluan bagi seorang muslim sebagai metode atau cara mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Mengenal rasul tidak saja dalam bentuk fisik atau penampilannya tetapi segala aspek syar’i berupa sunah yang dicontohkan Nabi kepada kita, baik berupa tingkah laku, perkataan ataupun sikap. Pengenalan kepada rasul dapat dilihat melalui sirah nabawiyah yang menggambarkan kehidupan Nabi serta latar belakangnya seperti nasab dan lingkungan tempat ia hidup. Kemudian melalui sunah dan dakwah Nabi pun dapat memberikan penjelasan kepada kita, siapa sesungguhnya Nabi tersebut.

Kompetensi Inti

KI-1  Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

KI-2  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.

KI-3 Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan bendabenda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar

1.3 Meyakini keberadaan Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi.

2.3 Menunjukkan sikap sabar dan jujur sebagai implementasi dari pemahaman mengenal nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi.

3.3 Memahami nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi.

4.3 Menunjukkan hafalan nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi.

Tujuan Pembelajaran

Meyakini keberadaan rasul Allah dan rasul Ulul ‘Azmi.

Menunjukkan sikap sabar dan jujur sebagai implementasi dari pemahaman mengenal nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi.

Memahami nama-nama rasul Allah dan rasul Ulul ‘Azmi.

Menghafal nama-nama rasul Allah dan rasul Ulul ‘Azmi.

 

Materi

1.      Makna Rasul Allah

وَمَا نُرْسِلُ الْمُرْسَلِيْنَ اِلَّا مُبَشِّرِيْنَ وَمُنْذِرِيْنَۚ فَمَنْ اٰمَنَ وَاَصْلَحَ فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَ – ٤٨

Artinya : “Para rasul yang Kami utus itu adalah untuk memberi kabar gembira dan memberi peringatan. Barangsiapa beriman dan mengadakan perbaikan, maka tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.” (Q.S. Al-An’am/6:48)

Sumber: https://quran.kemenag.go.id/sura/6

          Makna dari surat Al-An’am adalah Nabi dan Rasul diutus untuk memberi kabar gembira serta memberi kabar peringatan dari Allah Subhanahu wa ta’ala. Kabar gembira berupa janji-janji Allah bagi orang-orang yang menaati perintah-Nya, mereka akan diberikan kenikmatan diakhirat kelak. Adapun kabar peringatan bagi orang-orang yang ingkar terhadap Allah dan Rasul-Nya, mereka akan mendapat balasan buruk yaitu neraka jahanam.

2.     Definisi Nabi dan Rasul

Nabi dalam Bahasa Arab berasal dari naba. Dinamakan naba karena mereka adalah manusia yang menceritakan segala sesuatu berita dan mereka yang diberitahu beritanya (lewat wahyu Allah Subhanahu wa ta’ala) . Sedangkan kata Rasul secara Bahasa berasal dari irsal yang mengandung arti membimbing atau memberi petunjuk.

          Secara definisi yang masyhur, Nabi adalah manusia yang mendapatkan wahyu oleh Allah namun tidak diperintahkan untuk menyebarkan kepada umat, sedangkan Rasul merupakan manusia yang mendapat wahyu oleh Allah dalam syari’at dan diperintahkan untuk menyampaikan atau menyebarkan kepada umatnya.

3.     Tugas dan Sifat Rasul

  1. Tugas Nabi dan Rasul

Allah mengutus pada setiap umat seorang Rasul. Walaupun penerapan syari’at dari tiap Rasul berbeda. Namun Allah memberikan tugas yang sama, yaitu

  • Menyampaikan risalah dan wahyu dari Allah Subhanahu wa ta’ala.
  • Memberikan kabar gembira dan kabar peringatan.
  • Menegakkan hujjah.
  • Memperbaiki jiwa dan mensucikannya.
  • Membenarkan ajaran atau aqidah yang menyimpang.2. Sifat – sifat Rasul dan penerapannya

Shiddiq yang mengandung arti jujur dan benar, mustahil seorang rasul berkata dusta atau bohong. Penerapan yang bisa dilakukan sebagai seorang muslim adalah berbuat yang benar sesuai dengan perintah agama. Ucapan yang baik serta tutur kata yang santun. Hindari perbuatan yang Allah larang.

Amanah yang mengandung arti dapat dipercaya. Mustahil seorang Rasul khianat. Penerapan yang bisa diterapkan sebagai seorang muslim adalah jika kita diberi kepercayaan oleh orang lain, kita harus menjaganya dengan baik.

Tablig yang mengandung arti menyampaikan, yaitu menyampaikan pesan dari Allah Subhanahu wa ta’ala walaupun terasa sulit. Rasul tidak mungkin menyembunyikan sesuatu yang diberikan dari Allah. Penerapan yang bisa dilakukan sebagai seorang muslim adalah jika ada pesan kebaikan harus disampaikan kepada orang lain walaupun hanya satu ayat, dan mulailah dari orang-orang terdekat seperti diri sendiri, keluarga, teman dan sebagainya.

Fatanah yang mengandung arti cerdas, pandai, dan bijaksana. Mustahil seorang Rasul itu jahil atau bodoh. Penerapan yang bisa dilakukan adalah hidup itu harus cerdas, dengan menggunakan akal dan hati Nurani, cerdas bisa dicapai jika kita belajar dengan tekun.

4.     Rasul Ulul ‘Azmi

  1. Pengertian Rasul Ulul ‘Azmi

Ulul Azmi terdiri dari dua kata yaitu Ulul dan ‘Azmi, Ulul atau Ulu/Uli yang mengandung arti memiliki atau mempunyai. Sedangkan Al-Azmi mengandung arti tekad yang kuat. Jadi Ulul ‘Azmi ialah “mempunyai tekad yang kuat”. Maka Rasul Ulul ‘Azmi artinya Rasul yang memiliki tekad, kesabaran, keuletan, ketabahan yang kuat.

      2. Rasul yang tergolong Ulul ‘Azmi 

a. Nabi Nuhalaihisalam

Nabi Nuh merupakan keturunan kesepuluh nabi Adam alaihisalam. Ia mengajak manusia untuk menyambah Allah subhanahu wa ta’ala, namun manusia mengabaikannya. Selama 950 tahun Nabi Nuh menyiarkan ajaran Allah, namun umatnya tetap ingkar termasuk juga anaknya yaitu Kan’an. Akhirnya Allah turunkan banjir besar dan yang selamat hanya pengikut nabi Nuh alaihisalam dengan perahu yang Nabi Nuh sudah siapkan.

b. Nabi Ibrahim alaihisalam

Nabi Ibrahim merupakan anak tukang pembuat patung-patung untuk dijadikan berhala atau sesembahan. Nabi Ibrahim hidup dimasa raja Namrud yang sangat zalim, musyrik dan kufur. Nabi Ibrahim mengajak  untuk tidak menyembah berhala. Nabi Ibrahim dihukum dibakar karena merusak berhala. Allah beri mukjizat tidak bisa terbakar oleh api.

c. Nabi Musa alaihisalam

Nabi Musa merupakan nabi yang keturunan Bani Israil dengan masa Raja Fir’aun yang sangat zalim karena ia mengaku sebagai tuhan. Nabi Musa terus menyebarkan ajaran Allah supaya tidak menyembah berhala. Akhirnya Nabi Musa diberikan mukjizat mampu membelah lautan untuk menenggelamkan Raja Fir’aun dan pengikutnya.

d. Nabi Isa alaihisalam

Nabi Isa merupakan anak dari ibunda Maryam. Nabi Isa dan ibunda Maryam mendapatkan fitnah karena terlahir tanpa ayah, karena Allah menghendaki Maryam mengandung dalam keadaan suci. Allah turunkan mukjizat kepada Nabi Isa kitab Injil dan bisa menyembuhkan orang sakit bahkan yang sudah meninggal dunia.

e. Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam.

Nabi Muhammad merupakan nabi dan Rasul terakhir, nabi Muhammad mendapatkan ujian yang luar biasa karena adanya kaum kafir yang membangkang dan ingkar kepada Allah. Nabi Muhammadpun diberi mukjizat bisa membelah bulan, mengeluarkan air dari sela-sela tangan dan kitab suci Al-Qur’an.

5. Meneladani Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi untuk kehidupan sehari-hari

    1. Teguh dan sabar dalam belajar
    2. Teguh dan sabar dalam beribadah
    3. Teguh dan sabar menjalankan tugas sekolah
    4. Teguh dan sabar berbakti kepada orang tua
    5. Teguh dan sabar dalam pertemanan.
    6. Dan lain sebagainya.

 

1. G1-Mengenal Rasul-Rasul Allah

Tulisan ini merangkum dari buku  dan sumber yang terdapat di google

Baca artikel menarik yang membahas materi PAI SD lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

ARTIKEL TERBARU

SEMUA KATEGORI