3. G1-Kenapa Negara Maju Lebih Banyak Berasal dari Benua Eropa?

Kenapa Negara Maju Lebih Banyak Berasal dari Benua Eropa?

share

Sobat sentra ilmu apa kalian pernah mendengar tentang istilah negara maju? Ehm , aku rasa kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah negara maju. Tapi apa kalian pernah berpikir lebih jauh kenapa negara-negara maju di dunia ini lebih banyak berasal dari benua Eropa dibandingkan dengan benua lainnya. Menurut survey singkat yang aku lakukan beberapa waktu yang lalu ,ada beberapa jawaban yang aku dapatkan.

Jawaban pertama mengapa alasan negara-negara di benua Eropa itu banyak yang maju karena mereka adalah negara penjajah sedangkan negara-negara di benua lainya adalah negara yang dijajah dan dieksploitasi, menjadikan secara otomatis negara-negara di benua Eropa memiliki perkembangan dan peradaban yang jauh lebih maju, sehingga menjadikan negara-negara tersebut menjadi negara maju . Ada juga yang berpendapat,  negara-negara di benua eropa bisa menjadi negara maju karena latar belakang mereka yg memiliki empat musim , dan rata-rata negara yang memiliki empat musim akan lebih maju dibandingkan dengan negara tropis , hal ini dikarenakan negara dengan 4 musim dituntut untuk bisa merencaakan sesuata secara lebih matang termasuk dalam hal pengelolaan negaranya.

Dari dua pendapat di atas kira-kira teman-teman termasuk dalam tim yang mana nih? Kalau teman-teman punya pendapat lain tentang topik kali ini, kalian bisa sampaikan di kolom komentar di bawah. So, ini dia pembahasannya.

Point yang pertama , sebenarnya apa yang yang dimaksud dengan negara maju, kita samakan dulu pemahaman kita tentang pengertian negara maju. Negara maju atau biasa dikenal dengan istilah developed country adalah suatu negara yang punya standar khidupan relatif tinggi baik itu dalam bidang perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, bidang ekonominya, dan bidang kehidupan lainnya.

Point yang kedua, gimana suatu negara itu bisa dikategorikan atau dimasukkan kedalam golongan negara maju? Oke pembahasan yang menarik, sebenarnya sampai saat ini belum ada indikator pasti yang menjadi standar suatu negara itu bisa masuk ke dalam kategori negara maju atau tidak. Tapi ada beberapa ciri-ciri yang sama dimiliki oleh setiap negara maju,

1. Dalam hal infrastruktur, negara-negara maju itu umumnya mempunyai infrastruktur yang sangat modern. Infrastruktur ini akan membantu efektivitas kegiatan masyarakat dan juga menopang perekonomian negara tersebut.

2. Dari segi ekonomi, negara maju mempunya pertumbuhan ekonomi yang pesat dan jauh berbeda dengan negara berkembang. Bank dunia sendiri membuat empat kategori kelompok negara berdasarkan pendapatan perkapitanya. Kelompok pertama adalah negara berpendapatan rendah dengan pendapatan perkapita sebesar US$975 per tahun. Kelompok yang kedua adalah negara berpendapatan menengah bawah dengan pendapatan perkapita pertahun antara US$976 – US$3.855 pertahun. Kelompok yang ketiga adalah negara pendapatan menengah atas dengan pendapatan perkapita antara US$3.856 – US$11.905 per tahun. Dan kelompok yang keempat adalah negara berpendapatan tinggi atau kelompok negara maju memiliki pendapatan perkapita > US$11.906 per tahunnya. Selain itu, negara maju biasanya memiliki standar hidup yang lebih tinggi. Pertumbuhan ekonomi di masyarakatnya juga lebih maju sehingga kesejahteran hidup masyarakatnya lebih merata.

3. Kualitas penduduk, Kualitas penduduk di negara maju memiliki tingkat pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan yang tinggi. Karena pemerintah di negara maju memberikan jaminan kepada penduduknya dengan fasilitas pendukung, seperti pendidikan atau kesehatan. Sehingga mendorong terciptanya kualitas SDM yang tinggi.

4. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi Ilmu pengetahuan dan teknologi negara maju berkembang cepat dan pesat

jadi tidak semua negara bisa masuk kedalam kategori negara maju. Singkatnya secara garis besar negara yang hendak masuk ke dalam kategori negara maju minimal telah berhasil memenuhi standarisasi di atas.

Oke sekarang kita masuk ke point yang ketiga, kenapa negara-negara maju lebih banyak berasal dari benua eropa?

Menurut buku guns,germs, and steel karya jared diamond menjelaskan bahwasanya suatu kelompok manusia yang dapat menerapkan pola pertanian pertama kali maka kelompok manusia itu lah yang memiliki potensi untuk dapat lebih unggul dibandingkan dengan kelompok manusia lainnya . Kenapa? Karena ketika pola pertanian sudah ditemukan maka manusia yg dulunya hidup secara nomaden untuk dapat mengumpulkan makanan dari satu tempat ke tempat lain, tidak perlu lagi berpindah-pindah tempat untuk memperoleh sumber makanan, sehingga mereka bisa menetap pada di suatu tempat untuk membentuk sebuah koloni di sana, ketika kelompok atau koloni tersebut sudah menetap di suatu wilayah dan mereka juga telah menerapkan pola pertanian maka mereka tidak lagi memusingkan tentang makanan, karena mereka sudah memiliki stok makanan yang melimpah dibandingkan dengan kelompok masyarakat lain yang masih menerapkan pola berburu dan mengumpulkan makanan. Manusia yang secara naluriah memiliki keterbukaan terhadap hal-hal baru mulai mengeksplorasi dan berusaha untuk bisa menciptakan inovasi-iniovasi baru yang sekiranya dapat mempermudah pemenuhan kebutuhan  hidup mereka. Akhirnya seiring berjalannya waktu koloni yang menduduki benua Eropa ini bisa menciptakan guns atau senjata yang jauh lebih efektif daripada milik kelompok manusia lain, contohnya ada pisau, tembakan, kampak, bahkan mereka juga bisa membuat kapal perang. Intinya berbagai senjata baru yang tidak lagi terbuat dari batu atau tulang melainkan dari bahan besi atau tembaga.

Dalam buku ini juga disebutkan jika suatu kelompok dapat menciptakan senjata yang lebih modern maka kelompok tersebut dapat menguasai kelompok manusia yang lain, dengan cara apa? Dengan cara melakukan penajajahan, koloni yang menduduki benua eropa ini juga melakukan ekspedisi untuk menemukan wilayah-wilayah baru. hal-hal tersebut tentunya memberikan mereka manfaat yang besar mulai dari kemakmuran, kemajuan teknologi baik di bidang militer, pengetahuan, maupun sosial masyarakat lainnya. Hal ini secara tidak langsung membuat negara-negara yang ada di benua eropa mengambil langkah lebih dulu menjadi negara maju seperti saat ini. Dan ternyata Sebagian besar negara di kawasan Eropa merupakan negara penjelajah, mereka memperluas wilayahnya dengan cara melakukan penjajahan dengan tujuan bisa mendapatkan Sumber Daya Alam yang banyak yang nantinya kan diolah kembali dengan memanfaatkan perkemangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah mereka temukan.

Kesimpulannya, kemampuan benua Eropa untuk menaklukkan negara-negara di benua lainnya memungkinkan mereka untuk mendirikan sebuah peradaban yang lebih maju dibandingkan benua lainnya. kemajuan mereka saat ini erat kaitannya dengan kemampuan mereka (koloni) di masa lalu.

Gambar 1. Negara-negara di Benua Eropa yang Maju

 

 

Tulisan ini merangkum dari sumber-sumber yang terdapat di google scholar

Baca artikel menarik yang membahas pengetahuan umum lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

ARTIKEL TERBARU

SEMUA KATEGORI