Cara Menjernihkan Rekaman Audio Menggunakan Adobe Audition

share

Adobe Audition dapat dengan cepat menjernihkan audio dan memperbaiki masalah yang tidak dapat dilakukan oleh Premiere Pro. Dalam posting ini akan membahas masalah audio umum yang mungkin Anda temui dalam pengeditan video dan pasca produksi Anda – dan cara mengatasi masalah ini menggunakan tools yang ada dalam Adobe Audition.

Pengurangan Noise pada Adobe Audition

Adobe Audition memiliki alat pengurangan noise yang kuat yang dapat diakses di Waveform Editor. Jika Anda berada dalam Sesi Multitrack, klik dua kali pada trek untuk masuk ke Waveform Editor

Klik dan seret untuk memilih beberapa detik suara latar/ambien saja. Semakin banyak waktu yang Anda miliki untuk mengambil sampel, semakin baik hasilnya. Pastikan Anda tidak memilih audio apa pun dengan suara atau suara lain!

Pergi ke Effects > Noise Reduction (proses). Klik “Capture Noise Print” dan kemudian “Select Entire File”.

Klik “Noise only” untuk mendengar apa yang Anda hapus (batalkan pilihan sebelum Anda mengeklik apply). Klik tombol hijau hidup & mati untuk mengaktifkan efek saat Anda menyesuaikan bilah geser ” Noise Reduction” &  “Reduce by “.

Jika Anda lebih menyukai cara cepat, gunakan Shift+P untuk menyimpan noise print dan CMD/CNTRL/Shift + P untuk membuka Efek “Noise Reduction”. Saya sarankan membuat pintasan untuk efek yang biasa Anda gunakan (lakukan ini dengan mengakses editor pintasan di bilah menu, Edit > Pintasan Keyboard).

Adaptive Noise Reduction

Adaptive Noise Reduction secara otomatis mempelajari apa itu noise, selama Anda memiliki noise latar belakang sebelum audio bersuara. Untuk memanfaatkan alat ini, adalah kebiasaan yang baik untuk selalu merekam audio 4-5 detik sebelum mulai perekaman pertama kali.

Di Adobe Audition, Anda juga dapat menggabungkan Adaptive Noise Redution dengan efek lain di Effects Rack (yang tidak dapat Anda lakukan dengan Noise Reduction standar). Ini adalah bagian dari beberapa preset seperti ” Clean up and Level Voice-Over” yang dapat membantu Anda memulai jika Anda baru mengenal efek audio.

Menghapus Hum Di Audition

Efek Adobe Audition ini berguna jika Anda melakukan produksi audio yang mana di lokasi Anda tidak dapat mengontrol suasana sekitar.

Gunakan ini untuk menghilangkan dengung AC (suara-suara noise lainnya). Dalam contoh saya, saya mengambil dengungan dari Xbox 360 di dalam ruangan.

Pergi ke Effects > Noise Reduction/Restoration > Dehummer. Pilih preset Anda.

Auto Heal & Spot Healing

Anda dapat menggunakan Auto Heal & the Spot Healing Brush untuk menghilangkan suara-suara pendek lainnya yang ingin Anda hapus dari audio Anda.

Perbesar dengan menekan tombol plus dan pilih pop. Klik kanan dan pilih “Auto Heal” (Comm/Control + U).

Anda juga dapat meyeleksi dengan spot healing brush dengan menyeret area yang akan diperbaiki di tampilan ” Spectral Frequency “.

Menggunakan Diagnostic Panel

Akses panel Diagnostics di Audition dengan memilih Window > Diagnostics dari menu bar. Panel diagnostik yang kuat menyediakan alat untuk memperbaiki kliping, klik, dan muncul di audio Anda.

Declipper berguna untuk memperbaiki audio yang terpotong. Pilih Efek DeClipper di panel Diagnostik. Klik scan dan area kliping Anda akan menjadi daftar-daftar. Pilih masalah yang terdaftar untuk dipindahkan ke dalam bentuk gelombang.

Anda dapat memperbaikinya satu per satu atau klik Perbaiki Semua.

Catatan: Tergantung pada audio Anda, itu mungkin masih tampak terpotong, karena Audition bekerja dalam floating point 32 bit. Kurangi amplitudo atau gunakan Normalisasi untuk melihat bahwa audio tidak benar-benar terpotong. Saya memiliki hasil yang bervariasi dengan DeClicker, jadi jika tidak memperbaiki masalah Anda, Anda dapat menggunakan metode manual yang disebutkan di atas menggunakan Auto Heal & Spot Healing Brush.

Baca artikel menarik yang membahas tutorial Adobe Audition lainnya

ARTIKEL TERBARU

SEMUA KATEGORI