Alasan Mengapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional

share

Bahasa Internasional mengapa Bahasa Inggris?


Bahasa hakikatnya adalah alat untuk berkomunikasi. Bangsa Yunani pada masa Pra Socrates menyebut bahwa bahasa merupakan media pengungkapan daya magis dalam komunikasinya dengan para dewa dengan kekuatan supernatural. Seorang filsuf Yunani kuno bernama Plato mendefinisikan bahasa adalah sebagai pernyataan pikiran seseorang dengan perantaraan onomata (nama benda atau sesuatu) dan rhemata (ucapan) yang merupakan cermin dari ide seseorang dalam arus udara lewat mulut. Menurut Tarigan seorang ahli bahasa dari negeri kita mendefinisikan bahasa sebagai sistem yang tersusun secara sistematis yang kemungkinan dipakai pada sistem generatif serta menjadi lambang atau simbol yang arbitrer. 

Bahasa merupakan alat komunikasi yang sangat penting bagi manusia melalui bahasa seseorang dapat mengungkapkan segala pengetahuan pesan pikiran gagasan dan masih banyak lagi. Bahasa merupakan lambang yang bersifat saling disepakati antara kedua belah pihak atau lebih yang dipergunakan untuk bekerja sama berinteraksi dan mengidentifikasi. Maka dari itu suatu bahasa melekat dengan masyarakat yang memiliki dan memakai bahasa itu. Bahasa memiliki beberapa sifat salah satunya yang dimiliki oleh bangsa yaitu universal yang artinya tiap-tiap bahasa mempunyai sifat serupa, hal tersebut menjadi ciri sebuah keuniversalan bahasa.

Ada yang beranggapan bahwa bahasa lahir bersamaan pula dengan lahirnya manusia namun sebagian tidak setuju akan hal itu, sebagian menganggap bahwa bahasa lahir jauh setelah manusia di berada di bumi. Pendapat berbedajuga menyatakan bahasa tidak diketahui dan tidak disepakati kapan lahir karena salah satu penyebab terkuatnya adalah kurangnya bukti langsung yang menunjukkan bahwa kapan lahirnya bahasa. Muncul pendapat paling kuat, menurut Noam Chomsky seorang profesor linguistik dari Institut Teknologi Massachusetts yang menyatakan bahasa mulanya muncul 60.000 hingga 100.000 tahun lalu di Afrika. Bahasa dimulai ketika seorang pada wilayah tertentu mulai menamai benda yang ditemui disekitarnya dengan meniru dari sumber suara tersebut.

Setelah bertahun-tahun lamanya bahasa berkembang mengikuti perkembangan kemampuan berpikir manusia. Hingga bahasa tumbuh dan beranak pinak menjadi sangat banyak tercatat 7000 bahasa yang digunakan hampir 7 miliar orang yang ada di bumi ini pernyataan itu dilansir oleh media informasi yang berasal dari ethnologue.com. Jumlah bahasa tidak merata pada setiap benua. Karena setiap bahasa tidak merata pulau penuturnya apa yang menggunakan bahasa tersebut sebagai contoh bahasa Mandarin digunakan 918 juta penutur sedangkan bahasa Jawa digunakan 68.3 juta penutur. Sementara itu Papua Nugini tetangga negara tetangga kita menjadi negara dengan jumlah bahasa terbanyak di seluruh dunia yaitu 839 bahasa hidup jumlah tersebut hampir kita lipat milik negara-negara Eropa jika dikumpul kombinasikan.

Pembahasan selanjutnya jika kita berandai-andai, bayangkan ketika setiap orang dari berbagai negara berkumpul menjadi satu tempat kemudian mereka tak saling mengetahui apa yang mereka ucapkan karena tidak memiliki bahasa yang sama, maka dari itu munculah suatu gagasan yang mengharuskan ada 1 bahasa yang menjadi cara berkomunikasi bagi setiap seluruh warga internasional. Tetapi bahasa yang digunakan warga internasional tidak harus bahasa yang paling banyak penuturnya, jika begitu sesuai data yang disebutkan di atas tadi, maka bahasa Mandarin lah yang seharusnya menjadi bahasa internasional, tidak juga bahasa dengan jumlah kosakata paling sedikit yang mungkin mudah diingat untuk menjadi bahasa internasional. Banyak faktor yang menjadikan suatu bahasa menjadi bahasa internasional.

Pada saat pertama kali ditentukan hingga saat ini bahasa Inggris menjadi bahasa internasional, padahal jika dilihat dari data yang distatistikan oleh ethnologue.com bahasa inggris menempati peringkat keempat untuk jumlah penutur aslinya. Maka dari itu akan dibahas apa saja alasan alasan mengapa bahasa Inggris bisa menjadi bahasa internasional yang terangkum dalam beberapa poin.

Alasan yang pertama karena Inggris merupakan bangsa kolonialisme. Kita semua tahu bahwa negara Inggris adalah negara yang memiliki wilayah jajahan terluas, tentu ketika menjajah, maka negara jajahannya juga ditanamkan budaya bahasa di negara-negara koloni Inggris tersebut. Banyak negara mantan jajahan Inggris yang saat ini menjadi negara persemakmuran inggris yang menggunakan bahasa Inggris sebagai pendamping bahasa negaranya sendiri, bahkan ada pula yang secara mutlak menjadi bahasa Inggris sebagai bahasa utama pada negara tersebut.

Gambar 1. Negara-Negara Bekas Jajahan Inggris

Alasan yang kedua karena kerjasama internasional. Abad ke-20 dianggap sebagai masa berkembangnya sistem internasional dengan berdirinya liga bangsa-bangsa league of nations yang telah jadi persatuan bangsa-bangsa atau united nations perkembangan ini juga mendorong bahasa Inggris banyak digunakan di tingkat internasional sebagai contoh pada 1940-an ekonomi dan Indonesia dan Inggris dan Amerika serikat membuat negara ini bekerja sama kerjasama ini menjadikan Inggris dan Amerika serikat sebagai imperialisme baru di dunia ekonomi dampaknya juga menjadi berkembang pengaruh kedua negara tersebut salah satunya budaya bahasa. Ekspansi massif yang dilakukan oleh Inggris yang dibantu oleh Amerika menjadikan bahasa Inggris tak terbendung kekuatannya, selain ekspansi pada dunia ekonomi inggris berbantuan Amerika juga memberikan efek ekspansi pada bidang budaya, hal itu memperhalus jalan untuk menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa nomor satu di dunia, meskipun penutur asli hanya empat ratus ribu namun memiliki 2,4 milyar pembelajaran bahasa inggris. Bahasa Inggris berkembang seiring digunakan dalam pembahasan tentang perdamaian agama perdagangan migrasi gagasan dan lain sebagainya.

Gambar 2. Ilustrasi Ekspansi Inggris

Alasan yang ketiga karena bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa tertua yang ada di dunia menurut penelitian dari Harvard university dan mencatat penambahan kosakata bahasa tertua di dunia yaitu mencapai 8500 kata per tahun Kini jumlah total telah mencapai 1.022.000 kata. Catatan itu bersumber pada hasil analisis Komputer terhadap 5.192.769 buku yang telah didigitalisasi atau empat persen dari buku yang pernah dicetak pada rentang tahun 1800 dan 2000. kata kosakata dalam bahasa Inggris jauh lebih banyak dibandingkan dengan negara kita Indonesia menurut data yang dimuat dalam kamus besar bahasa Indonesia edisi terbaru jumlah kosakata yang terdapat didalamnya hanya berkisar 91000. Semakin banyaknya kosakata justru membuat bahasa Inggris tidak kehilangan penuturnya, justru pembelajar bahasa inggris semakin ingin untuk mendalaminya. Di setiap negara di dunia hampir menjadikan bahasa Inggris sebagai mata pelajaran pada jenjang sekolah terawal hingga menengah. Ketika pendidikan dalam suatu negara sudah menjadikan bahasa Inggris sebagai mata pelajaran maka mau tidak mau harus mengikuti perkembangan bahasa Inggris pula. 

4. G4-Alasan Mengapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional
 Gambar 3. Percakapan dengan Inggris

Alasan keempat yaitu karena negara Inggris merupakan negara yang maju. Suatu negara yang maju tidak bisa dipungkiri jika memiliki pengaruh yang besar dalam segala hal kehidupan dunia ini, salah satunya itu terlihat dari inovasi dan penyebaran ilmu pengetahuan yang banyak dari negara barat ilmuwan-ilmuwan dari negara barat pada zaman saat ini berkembang sangat cepat.

 Gambar 4. Inggris Sebagai Negara Maju

 

Tulisan ini merangkum dari sumber-sumber yang terdapat di google scholar

Baca artikel menarik yang membahas pengetahuan umum lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

ARTIKEL TERBARU

SEMUA KATEGORI